Selasa, 10 Maret 2009

AKSES CITRA NOAA

AKSES CITRA NOAA

Pengolahan citra satelit NOAA-AVHRR sebagai salah satu citra satelit penginderaan jauh dengan resolusi spasial yang rendah dan mempunyai kelebihan yakni resolusi temporal yang daily. NOAA merupakan singkatan dari National Oceanic and Atmospheric Administration, adalah badan induk dari Dinas Udara Amerika Serikat (U.S. Weather Service).

Lembaga ini mengoperasikan satelit seri NOAA yang masing-masing membawa sensor Advanced Very High Resolution Radiometer (AVHRR).

Data AVHRR dapat diperoleh dalam 3 format :
• High Resolution Picture Transmission (HRPT)
• Local Area Coverage (LAC)
• Global Area Coverage (GAC)

Stasiun bumi NOAA menerima data AVHRR dari satelit dalam bentuk data mentah yang dikenal dengan data HRPT (High Resolution Picture Transmission) secara rutin 2 – 4 kali/hari. Oleh karena itu, siklus harian NOAA cukup baik untuk mengamati perubahan yang terjadi di laut dengan resolusi spasial yang terbatas mencapai 1,1 km. Cakupan citranya cukup luas dengan lebar pandang mencapai 2399 km pada setiap citra global yang dihasilkan.

Saluran-saluran radiasi inframerah termal dari NOAA-AVHRR, berfungsi untuk mendeteksi radiasi termal yang dipancarkan oleh permukaan bumi. Berdasarkan hubungan antara suhu dengan intensitas emisi maka data AVHRR dapat dimanfaatkan untuk mengukur suhu permukaan laut. Pengolahan citra NOAA-AVHRR untuk dapat diekstraksi informasinya sebagai data suhu permukaan laut melalui berbagai tahapan pengolahan citra digital dengan memanfaatkan software pengolahan citra digital.

Pengolahan Citra NOAA-AVHRR melalui beberapa tahapan pengolahan citra digital.
Dari tahapan pengolahan citra yakni persiapan data, pemrosesan citra digital hingga penyajian data hasil pengolahan cita digital menggunakan software image processing dan GIS. Tahapan pemrosesan/pengolahan citra NOAA-AVHRR secara digital sebagai berikut:

Koreksi Radiometrik
Koreksi radiometrik yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki nilai piksel agar sesuai dengan nilai pancaran spektral obyek sebenarnya dan mengurangi atau menghilangkan efek atmosferik pada citra.

Koreksi Geometri
Koreksi geometri merupakan proses perujukkan titik-titik pada citra ke titik-titik yang sama di medan ataupun di peta, yang diketahui koordinatnya.

Masking
Masking ini bertujuan untuk menghilangkan unsur yang tidak perlu dan tidak dapat diolah. Melakukan masking daratan dan awan dengan menggunakan saluran 1, 2 dan 3.

Mosaik
Mosaik citra dilakukan dengan menggabungkan dua citra bahan, sehingga dihasilkan citra yang menggambarkan daerah penelitian secara penuh.

Pemotongan Citra
Pemotongan citra sangat diperlukan untuk membatasi daerah yang akan diteliti sehingga cakupan daerah penelitian tidak terlalu lebar.

Selain dapat mendeteksi suhu NOAA juga berfungi untuk mendeteksi titik api, misalnya :
TANJUNG SELOR-Kaltim Post-Kebakaran hutan dan lahan atau titik api bisa dideteksi menggunakan satelit NOAA-AVHRR, atau satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang memiliki sensor Advanced Very High Resolution Radiometer (AVHRR).

Satelit ini mengambil citra 4 kali sehari di atas Pulau Kalimantan dan memiliki kemampuan mendeteksi aktifitas kebakaran atau titik api berdasarkan pengukuran temperatur pada waktu sebenarnya. Data dari satelit ini merupakan bagian dari sistem informasi kebakaran dari UPTD Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Kaltim, yang sangat berguna untuk melakukan tindakan pencegahan dan persiapan efektif menghadapi bahaya kebakaran hutan dan lahan.

NOM (NOAA Operation Manager) merupakan piranti lunak pendukung NOAA yang dikembangkan oleh departemen bidang ilmu lingkungan hidup (ESD) di NRI (Natural Resourches Institute) yang berpusat di Inggris. Environmental Sciences Department (ESD) telah mengembangkan suatu pendekatan yang disebut LARST (Local Application of Remote Sensing Techniques) yang memfokuskan dalam pengembangan sistem pengintegrasian yang lengkap dalam penangkapan dan pemrosesan data-data dari satelit (Meteosat, NOAA , SPOT and ERS).

  • http://ajiputrap.blogspot.com/2008/12/pengolahan-citra-noaa-avhrr.html
  • www.fire.uni-freiburg.de/se_asia/projects/ffpcp/FFPCP-19-Prosedur-standar-operasional-NOAA.pdf
  • http://www.fwi.or.id/indexasli.php?link=news&id=197

2 komentar:

  1. Salam kenal,

    Aji Putra Perdana
    http://ajiputrap.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. informasinya sgt bagus, ijin kopi yah...(zawahry)

    BalasHapus